Sering Disentuh, Beberapa Benda Ini Ternyata Tempat Kuman Berkumpul

Topi Jerami - Bakteri, virus, dan mikroorganisme lainnya, ada di mana-mana. Baik itu ada di rumah, di kantor, bahkan di mobil. Untungnya, sekitar 99 persen dari mereka tidak dapat membahayakan kita. 
Tapi satu persen lainnya bisa menyebabkan penyakit (patogen), seperti batuk dan pilek biasa, diare, hingga yang menyebabkan kematian. Dilansir dari Prevention, ada beberapa Benda atau tempat yang menjadi tempat berkumpul Kuman dan ternyata sering disentuh.
Keran Air di Dapur
Bagian ujung keran air yang terbuat dari metal merupakan magnet bagi Kuman. Air yang mengalir akan membuat permukaan tersebut lembap, tempat yang ideal untuk tumbuhnya bakteri.
Selain itu, air keran juga tidak steril dan terkadang menyentuhnya dengan Tangan kotor saat mencuci piring atau membersihkan daging di dapur.
Seiring waktu, bakteri akan menumpuk dan membentuk dinding patogen yang disebut biofilm dan menempel di permukaan ujung keran. Baiknya kamu seminggu sekali copot lapisan keran air dan rendam dalam cairan pemutih. Bersihkan, lalu pasang kembali.
Wastafel
Penelitian menunjukkan, ada lebih dari lima ratus ribu bakteri di tempat cucian piring rumah tangga, itu sekitar sekitar seribu kali lebih banyak daripada dudukan toilet.
Maka dari itu, jagalah kebersihan tempat cuci piring dengan selalu membuang sisa makanan dan seminggu sekali bersihkan dengan cairan disinfektan. Karena sabun dan air saja tidak cukup untuk membersihkan area ini.
Lap Piring
Menurut penelitian terhadap ratusan rumah di Amerika, ditemukan sekitar tujuh persen lap di dapur terkontaminasi oleh bakteri kebal obat methicillin resistant Staphylococcus aureus (MRSA).
Bakteri tersebut bisa menyebabkan infeksi kulit yang berbahaya. Lap piring juga bisa mengandung E.coli dan bakteri lain.
Apalagi, tanpa disadae kamu sering menggunakan lap untuk membersihkan tumpahan, lalu digunakan kembali sebelum dicuci, yang menyebarkan Kuman.
Keyboard
Secara umum, bakteri yang hidup di kulit, kuku, Tangan, dan bagian Tangan lainnya bisa berpindah ke keyboard.
"Makan sambil mengetik di komputer merupakan salah satu penyebab kontaminasi bakteri," kata peneliti dalam International Journal of Environmental Research and Public Health.
Selain membersihkan meja kerja, jangan lupa untuk membersihkan alat kerja yang sering kita sentuh, seperti keyboard. Mencuci Tangan sebelum bekerja juga membantu.
Ponsel
Penelitian mengungkapkan, ponsel menyimpan banyak Kuman dan mikroorganisme lain. Untuk menjaga kebersihan gadget, berhati-hatilah meletakkannya saat di tempat umum. Secara berkala, bersihkan ponsel dengan lap khusus dan cairan disinfektan.

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Update COVID-19 di Indonesia 21 April: 7.135 Positif, 616 Meninggal, 842 Sembuh